Selasa, 29 Desember 2009

MOTIVASI KONSUMEN

MOTIVASI KONSUMEN

Dengan seiringnya zaman dan teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat terhadap masyarakat sekitar membuat kita berlomba-lomba mengikuti zaman tersebut,atau yang biasa disebut dengan trand atau gaya hidup. Pola kehidupan masyarakat kian berubah dengan pekembangan zaman sekarang ini. Perubahan tersebut dapat kita rasakan sedemikian pesatnya tetapi ada pula yang tidak dapat mengikuti perkembangan tersebut dikarenakan tidak adanya motivasi dari konsumen itu sendiri terhadap perkembangan yang ada. Kita sendiri dapat melihat beberapa contoh, misalkan saja produk handphone,dulu handphone merupakan salah satu produk yang sangat jarang bahkan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memilikinya, tetapi sekarang handphone tidak lagi menjadi barang yang langka bahkan hanya dengan uang tiga ratus ribi rupiah saja kita dapat memilikinya. Tak hanya handphone, bahkan dulu laptop menjadi suatu barang yang langka, bukan hanya langka bahkan laptop juga tembilang barang elektonik yang mahal dan mungkin jarang sekali orang memakainya sedangkan sekarang laptop menjadi suatu kebutuhan oleh para berbagai kalangan sampai ke mahasiswa, mahasiswa itu sendiri yang menjadikan laptop sebagai kebutuhan dalam proses melakukan pembelajaran. Motivasi merupakan tenaga penggerak dalam diri individu yang mendorong mereka untuk bertindak. Tenaga penggerak ini ditimbulkan oleh tekanan keadaan tertekan yang tidak menyenangkan yang muncul sebagai akibat dari kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Semua individu mempunyai kebutuhan, hasrat, dan keinginan. Dorongan bawah sadar individu untuk mengurangi tekanan yang ditimbulkan oleh kebutuhan menghasilkan perilaku yang diharapkannya akan memenuhi kebutuhan sehingga akan menimbulkan keadaan yang lebih menyenangkan dalam dirinya.

REFERENSI dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar